Share this page:

Mulai dari sayur kale hingga beragam jenis jamur, mana yang paling ingin Anda cicipi? 

Anda sedang memiliki target fitnes dan sudah menjalankannya selama beberapa hari, dan terkadang menjalani hidup sehat membuat kita mengonsumsi makanan dan melakukan olahraga yang itu-itu saja dan lama-kelamaan, semua rutinitas ini jadi sangat membosankan hingga kita menyerah sebelum tujuan fitnes tercapai. Padahal, selalu ada cara untuk menghindari rasa bosan dalam diet dan olahraga asal tahu caranya. Nah, kami di sini ingin membantu Anda untuk menghindari rasa bosan karena mengonsumsi bahan makanan yang itu-itu saja. Inilah daftar belanja yang harus dibawa saat Anda berbelanja lain kali.

Cobalah 5 bahan makanan yang sehat dan lezat ini untuk menu diet sehat Anda.

 



1. Sayuran kale:
Sayur hijau satu ini sering disebut sebagai “raja” dari segala sayuran karena kale mentah mengandung 4% protein dan kaya vitamin A, C, B6, zat besi dan zat mangan yang membantu mengubah lemak menjadi energi, juga membantu metabolisme kolesterol tubuh. Konsumsilah sayuran ini dan ucapkan selamat tinggal lemak, selamat tinggal penyakit jantung! Jika itu saja belum cukup, kale juga diperkaya dua flavonoid penting (quercetin dan kaempferol) yang membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Jika sedang memiliki waktu luang, ambillah kale, kacang pinus (pine nuts), keju parmesan, minyak, bawang putih, dan tambahkan beberapa tetes air lemon. Blender bahan-bahan ini hingga membentuk pasta. Tambahkan minyak zaitun, bumbu, dan nikmati bersama roti pita atau roti gandum utuh sebagai olesan.



2. Beragam jenis jamur: Menurut orang Romawi kuno, jamur bukanlah makanan manusia—melainkan makanan para dewa. Jamur yang sering dijadikan taburan pizza ini mengandung sangat banyak manfaat alami dari makanan. Jamur kaya akan vitamin B yang terkenal efektif mengurangi risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung—tiga jenis penyakit yang semakin dekat mengintai seiring bertambahnya usia. Satu cangkir jamur hanya mengandung 15 kalori dan berisi sangat banyak manfaat kesehatan, membantu menaikkan level energi, membantu aktivitas otak dan fungsi saraf, serta memperkuat otot.




3. Tempe: Makanan satu ini pasti familier ya di telinga Anda. Siapa sih orang Indonesia yang belum pernah mencoba makanan satu ini? Tempe merupakan fermentasi dari kacang kedelai dan tergolong sebagai ‘superfood’ yang dapat menambah kekuatan tubuh. Satu cangkir tempe mengandung kurang-lebih 31 gr protein. Jadi, mengonsumsi tempe rebus setelah berolahraga sangat baik untuk menunjang hasil olahraga. Untuk menyiapkannya, rebus atau kukus tempe terlebih dulu, rendam pada marinasi bumbu sesuai selera, lalu panggang hingga matang.




4. Spirulina: Sangat tinggi protein dan sumber alami antioksidan, vitamin B, iodine, magnesium, dan nutrisi lainnya, spirulina melindungi sel tubuh dari kerusakan dan mempercepat pembakaran lemak saat berolahraga. Spirulina merupakan tanaman alga yang bisa tumbuh di air laut maupun air tawar. Jika Anda belum pernah mencoba spirulina sebelumnya, biasanya bahan ini sudah diproses dalam bentuk bubuk untuk dapat diolah menjadi berbagai makanan atau minuman. Membuatnya menjadi smoothie bisa jadi pilihan yang praktis. Ambil 2 buah kiwi, tambahkan 1-2 sendok teh chia seed, 1 sendok teh bubuk spirulina, 1 cangkir air kelapa atau air mineral dan setengah cangkir buah nanas yang sudah dipotong-potong. Tambahkan air lemon secukupnya untuk memberikan rasa segar dan sebagai tambahan vitamin C. Blender semua bahan dan smoothie instagrammable, lezat, sekaligus sehat siap dihidangkan! Gunakan tagar #SmoothieDetox untuk pamerkan smoothie sehat Anda di Instagram!


5. Kunyit: Rempah satu ini dikenal sebagai salah satu rempah yang menyimpan banyak sekali benefit untuk kesehatan. Kunyit mengandung komponen anti-inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit. Selain itu, kunyit juga diperkaya antioksidan yang berfungsi memperlambat penuaan tubuh dan kulit, menambah kesehatan kulit, kesehatan jantung, dan imunitas tubuh. Untuk mengonsumsi kunyit dengan cara lezat, campurkan kunyit dengan air lemon dan dapat langsung diminum, bisa juga menambahkan satu sendok teh jahe ke dalamnya agar khasiatnya lebih banyak lagi. Hindari menggunakan gula, pilihlah pemanis lebih sehat seperti sirup maple atau madu. 

 

Jadi, bahan makanan mana yang paling menarik untuk dicoba? Cobalah semuanya untuk menjalankan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang tetap rasanya lezat!