Jaga Bentuk Tubuh di Bulan Puasa dengan Ragam Variasi Latihan Push Up!

 

 

Berpuasa tetap olahraga? Siapa takut! Ada gerakan-gerakan olahraga yang masih bisa kamu lakukan sambil menjalankan ibadah puasa, salah satunya adalah push up. Penggemar fitness sejati pasti tahu kalau push up merupakan latihan yang penting untuk meningkatkan kekuatan upper body. Latihan push up juga terkenal paling efektif di kalangan para pria agar mendapatkan bentuk dada yang gagah, memperbaiki postur tubuh, menguatkan otot kaki, dan meningkatkan massa otot kecil seperti triceps.

 

Tidak hanya memiliki segudang manfaat, gerakan push up juga bisa dilakukan dengan berbagai variasi agar latihanmu lebih menantang. Meski dimodivikasi, fokus latihan push up tetap tertuju pada penguatan otot di hampir seluruh bagian tubuh. Berani ambil tantangan kami untuk variasi latihan push up?

 

Sempurnakan gerakan Basic push up-mu!

Posisikan tangan selebar bahu dengan tangan rapat ke lantai. Pastikan punggung, perut, dan tubuh bagian bawah sat ugaris lurus. Tekuk siku 45 derajat dan tarik nafas melalui hidung, kemudian bawa turun tubuh ke arah lantai secara perlahan. Saat tubuhmu sudah mendekati lantai, buang nafas lewat mulut dan mulai angkat lagi tubuhmu ke posisi semula. Itu repetisi pertama.

 

Bagi pemula, kamu bisa bertumpu pada lutut untuk mempermudah kamu melakukan gerakan push up.

 

Tantang push up-mu ke level 2 (atau 3!)

Biasanya, saat otot mulai berkembang dan beradaptasi dengan gerakan baru, akan sulit untuk mengulang gerakan lain yang sebelumnya pernah dilakukan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengulang gerakan-gerakan lama. Tujuannya agar muscle memory bisa terus beradaptasi dengan gerakan latihan dan membuat latihanmu lebih bervariasi.

 

Bicara soal variasi, ayo coba gerakan push up yang satu ini: Clap push up. Variasi push up yang satu ini dapat memberikan sensasi panas di sekitar dada karena ada aktivitas perpindahan tempat dengan gerakan cepat atau disebut juga  explosive plyometric movement. Untuk melakukannya, pertama, posisikan tubuh di posisi plank kemudian lakukan gerakan push up seperti biasa. Saat naik, kencangkan otot tubuh bagian atas agar kamu bisa tepuk tangan saat tubuh berada di atas. Pastikan tubuhmu langsung mendarat secara mulus ke lantai untuk menghindari cidera dibagian lengan.

 

Mau coba yang lebih menantang? Masih ada variasi Superman push up. Caranya, mulai dengan gerakan Basic push up. Saat akan mengangkat tubuh, lempar tubuh ke udara sambil merentangkan kedua tangan ke depan atau ke samping telinga. Ulangi gerakan ini 8-10 repetisi untuk mendapatkan otot tubuh yang maksimal.

 

Saat melakukan dua variasi gerakan ini, pastikan kamu melakukan pemanasan di bagian lengan agar meminimalisir terjadinya cidera.

 

Lakukan setiap hari

Selama bulan Ramadan, tubuh juga harus tetap dijaga kebugarannya. Melakukan gerakan push up sangat baik karena tidak mamakan banyak tenaga namun masih tetap efektif untuk menjaga bentuk tubuh. Lakukan push up setiap hari selama bulan Ramadan sebagai alternatif aktivitas olahraga selama berpuasa.

 

Dalam melakukan push up, bukan jumlah repetisi yang menentukan keberhasilan latihanmu melainkan teknik kamu melakukan gerakan-gerakan push up. Berlatihlah setiap hari agar kamu bisa mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional saat merayakan hari Raya bersama keluarga.