Share this page:

Ini inspirasi asupan sehat sebelum dan sesudah berolahraga!

Apa yang Anda konsumsi sebelum dan sesudah berolahraga bisa sangat berpengaruh pada performa Anda selama latihan. Anda harus memperhatikan asupan makanan untuk mendukung hasil olahraga.

Misalnya, Anda berolahraga lari dengan perut kosong. Anda akan jadi lebih cepat lesu dan akhirnya tenaga habis. Jika Anda berolahraga dengan perut kosong, cadangan energi terpakai terus. Setelah habis terpakai, tubuh Anda akan memakai massa otot sebagai sumber tenaganya. Jika tidak makan sehabis olahraga, Anda tidak saja kehilangan energi, tapi juga elektrolit, kandungan garam, dan nutrisi lainnya. Oleh karena itu, nutrisi sempurna sangat penting untuk otot sebelum dan setelah berolahraga.

Kami menyarankan, untuk memilih makanan yang lambat dicerna sebleum berolahraga, gabungkan karbohidrat dan protein juga. Setelah olahraga, konsumsi lagi makanan lebih tinggi protein. Untuk pengganti elektrolit, bisa mengonsumsi jus buah, air mineral, air lemon, atau detox water.

 

Kudapan penting sebelum olahraga

Kudapanpre-workout harus mengandung karbohidrat yang lambat dicerna. Bisa pisang atau kacang-kacangan, biji-bijian, buah kering, atau roti dengan telur rebus dan alpukat. Ide kudapan ini boleh dicoba seblum Anda berolahraga.

 

Apel dengan selai kacang -Potong apel dan oleskan selai kacang di atasnya. Tambahkan biji-bijian seperti biji chia, biji flax sebagai taburannya. Ini baru kudapan sehat dan lezat!
 

Oatmeal dengan buah-buahan -Mulai latihan Anda dengan semangkuk oatmeal kaya serat dan buah-buahn. Tubuh akan mencerna karbohidrat dari kedua kombo ini secara lebih lamban dan lebih efektif serta menjaga kadar gula darah lebih stabil. Anda akan merasa penuh energi untuk waktu lebih lama. Tambahkan segelas susu rendah lemak untuk tambahan protein dan kalsium.

 

Buah and yogurt smoothie -Smoothie adalah asupan sehat yang paling mudah dibuat yang mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh, sehingga Anda tidak mudah lesu saat berolahraga. Buat sendiri smoothie kaya protein dengan memblender yogurt dan buah-buahan pilihan Anda, buah yang bisa dipilih antara lain stroberi, raspberry, blueberry, dan lainnya. Blender dengan es atau air sebagai asupan cairan tubuh.

 

Kudapan penting setelah olahraga

 

Susu cokelat -Susu cokelat jadi favorit kita semenjak kecil, kan? Pilihan minuman ini ideal untuk membentuk massa otot karena kandungan proteinnya. Susu cokelat terdiri dari air hampir sebanyak 90 persennya, jadi juga berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh setelah berolahraga.

 

Greek yogurt dan buah -Secangkir yogurt lezat dengan taburan buah favorit Anda mengandung karbohidrat tinggi energi dan mengonsumsinya setelah olahraga telah terbukti dapat mengurangi inflamasi otot yang mungkin terjadi saat berolahraga.

 

Smoothie sayuran -Smoothie ini kaya protein dan bisa menggantikan elektolit yang hilang dari tubuh setelah berolahraga. Buat sendiri smoothie sayuran dengan memblender bayam, susu almond, Greek yogurt, buah beri, dan biji chia. Minumlah sehabis berolahraga untuk mengembalikan energi tubuh.