5 Cara untuk Semakin Cinta pada Diri Sendiri

 

Kurang lebih sudah setahun lamanya, Covid-19 memaksa kita untuk bekerja dan beraktivitas dari rumah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Work from Home. Bukan tidak mungkin, kondisi yang seharusnya menghindari kita dari penyebaran virus justru membuat kita stress karena kurangnya interaksi dengan teman-teman. Dalam dunia psikologi kondisi ini disebut Burnouts Syndrome.

 

Jangan Lupa Bahagia!

Tidak ada salahnya untuk mengingatkan diri sendiri untuk berbahagia. Kamu bisa membuat perayaan kecil-kecilan untuk setiap pencapaian yang telah kamu raih untuk meningkatkan semangat kerjamu. Atau, kamu juga bisa mengunjungi tempat-tempat yang tenang seperti vila di pegunungan atau pantai yang sepi untuk bermeditasi dan mengumpulkan energi-energi baik di dalam tubuh. Menenangkan dan mengistirahatkan pikiran bisa membuat kamu lebih bahagia dalam menjalani hidup.

 

 

Terhubung dengan Orang-orang yang Kamu Rindukan

Salah satu penyebab burnout ketika WFH adalah kurangnya koneksi dengan orang-orang yang kamu rindukan. Pandemi Covid-19 membatasi ruang gerak kita untuk berinteraksi secara langsung dengan teman, keluarga, atau orang-orang lain yang biasa kita temui sebelum pandemi. Kamu bisa kembali menghubungi teman-teman lama yang biasanya mewarnai hari-harimu melalui berbagai media sosial. Jangan lupa untuk mengeliminasi pemberitaan yang bernada negatif untuk menjaga pikiranmu tetap positif.

 

Mens Sana In Corpore Sano

Alias ‘di dalam tubuh yang kuat terhadap jiwa yang sehat’. Kami tidak akan pernah bosan mengingatkan pentingnya olahraga untuk menjaga kesehatan mental dan membuat kamu semakin percaya diri. Tapi perlu diingat juga bahwa sehat bukan hanya karena rajin berolahraga tapi juga menjaga pola makan dengan gizi yang seimbang. Menjaga kesehatan jiwa dan raga juga merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan rasa cinta pada diri sendiri dan menghindari burnouts di masa pandemic.

 

 

Coba Instropeksi Diri dengan Bercermin

Sebagaimana fungsinya, bercermin membantu kita melihat bagaimana orang lain memandang diri kita melalui refleksi yang dipantulkan. Luangkan waktu sejenak untuk melihat dan berbicara pada diri sendiri melalui cermin. Cara ini dipercaya bisa membantu kamu melawan rasa takut untuk berkomunikasi dengan orang lain serta membantu meningkatkan percaya dirimu.

 

 

Jadilah Baik pada Semua Orang

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa prilaku baik bisa meningkatkan suasana hati. Kamu bisa membuktikannya sendiri dengan berbuat baik pada lingkungan sekitarmu. Tapi, berbuat baik tidak hanya bisa kamu lakukan pada orang lain, kamu juga perlu berbuat baik pada diri sendiri. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan dengan berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain dan jangan lupa istirahat yang cukup.