4 Langkah Memulai Kebiasaan Olahraga

 

Menjalani pola hidup sehat dan rutin berolahraga selalu menjadi resolusi yang paling popular setiap tahun baru. Dilansir dari sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2016 dalam jurnal Personality and Social Psychology Bulletin menunjukkan 59 persen orang mengaku ingin menjalani pola hidup sehat dan berolahraga di sepanjang tahun baru. Namun sayangnya, hampir 60 persen orang gagal bertahan dengan resolusi tersebut.

Di saat-saat seperti ini, menjalani pola hidup yang sehat merupakan aktivitas yang penting dilakukan agar terhindar dari berbagai virus dan penyakit. Lantas, bagaimana caranya agar bisa memulai kebiasaan hidup sehat dan berolahraga? Artikel berikut akan membantu kamu memulai kebiasaan olahraga dengan tips yang mudah diterapkan.

 

Mulai dengan olahraga yang paling kamu sukai

Mulai dengan mengetahui olahraga apa yang paling kamu senangi. Tentunya, kita tidak akan bosan dan lebih menyenangkan jika kita bisa menjadi lebih sehat dengan menjalani hal yang paling kita gemari. Cari tahu apakah kamu suka berlari, berenang, atau mungkin ternyata kamu punya bakat menari yang terpendam. Saat kamu sudah menemukan jawabannya, coba untuk mulai rutin melakukan olahraga tersebut dua atau 3 kali seminggu.

 

Awali dengan 30 menit sehari

Memulai tahun baru dengan semangat berolahraga memang baik, tapi jangan sampai kamu terlalu memaksakan diri. Bukannya menjadi sebuah rutinitas, kamu justru akan lebih mudah bosan bahkan berhenti menjalani resolusi hidup sehatmu. Untuk pemula, batasi 30 menit hingga 45 menit sehari. Karena sejatinya, yang terpenting bukan berapa lama kita berolahraga, tetapi bagaimana kita bisa konsisten.

 

Kunci utama adalah disiplin

Motivasi tanpa disiplin sering kali tidak memberikan hasil apa-apa. Apabila kamu memang serius ingin menjadi lebih sehat di tahun 2022, inilah saatnya untuk mulai disiplin dan konsisten berolahraga. Jika perlu, kamu bisa ajak teman dan sahabatmu untuk menjalani pola hidup sehat bersama-sama. Kalian bisa semakin akrab dan saling memotivasi satu sama lain untuk meraih body goal di tahun ini.

 

Kombinasikan dengan pola makan bergizi seimbang

Tentu saja, untuk hasil terbaik, kombinasikan olahraga dengan pola makan yang bergizi. Hidup sehat bukan hanya tentang berolahraga, nutrisi yang masuk ke dalam tubuhmu juga sama pentingnya. Raih resolusi hidup sehatmu jangan hanya dari berolahraga, tetapi juga mulai menata kembali jumlah kalori dan nutrisi apa saja yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya.

 

Demikian empat tips untuk memulai kebiasaan olahragamu di tahun 2022. Semoga resolusimu untuk menjadi lebih sehat di tahun ini bisa tercapai. Kamu punya tips lain? Coba bagikan di kolom komentar!