Share this page:

Anda bisa "menipu" pikiran Anda hingga menyukai olahraga tertentu dan membuat olahraga jadi terasa lebih mudah. Penasaran bagaimana caranya? Simak caranya di sini, yuk!

Saat berolahraga, aplikasi pencatat fitnes Anda menyimpan dan menampilkan aktivitas fisik selama berlatih, tapi tidak demikian yang terjadi pada pikiran Anda. Pikiran Anda, pada awalnya, merekam dan mencatat gerak fisik selama olahraga sebagai sebuah aktivitas yang membebani tubuh. Jika Anda ingin berolahraga lebih keras dan lebih lama lagi, ada caranya untuk mengubah persepsi yang diterima pikiran Anda mengenai olahraga sehingga Anda dapat berolahraga secara lebih enteng dan lebih menyenangkan.

 

Berolahragalah dengan lagu yang menambah semangat

Dengarkan lagu kesukaan yang membuat semangat agar Anda dapat berolahraga dengan durasi lebih panjang. Siapkan daftar lagu yang berisi lagu-lagu favorit Anda sehingga waktu berolahraga berjalan lebih cepat. Fakta menarik, ternyata detak jantung dan pola pernapasan bisa berjalan selaras dengan ritme musik yang didengarkan selama berolahraga, lho.

 

Mulai olahraga dengan set yang mudah

Banyak dari kita yang mulaiberolahraga dengan penuh antusiasme tapi antusiasme ini hilang setelah beberapaminggu berolahraga. Hindari mendorong diri untuk berolahraga terlalu keras diawal, lakukanlah latihan yang mudah terlebih dahulu agar hasil olahraga bisasukses dicapai. Buatlah target-target fitnes kecil terlebih dulu yang bisadicapai dengan mudah. Jika sudah lama tidak berolahraga, mulailah dengansetidaknya berjalan kaki selama 30 menit beberapa kali seminggu. Ketika iniberhasil dicapai, mulai ubah dan tambahkan lagi porsi olahraga. Dengan caraini, pikiran Anda akan menilai bahwa olahraga itu sebenarnya enteng dan tidakmembuat tubuh terlalu lelah.

 

Catat perkembangan olahraga

Siapkanlah catatan atau buatlah excel worksheet untuk memantau perkembangan dan pencapaian olahraga Anda. Misalnya kapan saja Anda berolahraga, berapa lama, dan seberapa intensitasnya? Detail kecil akan membantu Anda menyimpan data latihan sehingga Anda akan sadar akan perubahan-perubahan kecil atau kemajuan yang dialami tubuh.

 

#FriendsForever 

Jadwalkan latihan dengan sahabatAnda. Dukungan dari orang sekitar bisa menjadi motivasi yang kuat dan membantumeningkatkan rasa percaya diri untuk berolahraga lebih sering lagi. Jika Andadan sahabat berkomitmen untuk selalu berolahraga bersama, Anda akan berpikirulang untuk membatalkan pergi berolahraga ke gym.

 

Luangkan waktu untuk beristirahat saat dan setelah berolahraga

Ketika selesai melakukan set olahraga, berikan tubuh waktu untuk beristirahat dengen peregangan, berjalan kaki, atau mengatur pernapasan. Ini membantu menenangkan tubuh sekaligus pikiran sehingga menjadi rileks setelah berolahraga. 

 

Tetap santai dan berolahragalah sesuai kemampuan

Walaupun Anda memiliki jadwal latihan yang teratur, sediakanlah fleksibilitas waktu, tempat, dan intensitasnya. Berikan diri Anda kesempatan untuk tetap santai walaupun Anda tidak sempat berolahraga sesuai waktu yang telah dijadwalkan. Atur dan buatlah jadwal olahraga yang masuk akal, dan jika itu pun tidak berjalan sesuai rencana, hindari terlalu keras menekan diri sendiri untuk menepati jadwalnya, masih ada besok untuk memulai!

 

Beri pengharagan untuk diri sendiri

Berikanlah penghargaan untuk diri Anda sendiri setiap habis berolahraga. Dengan kebiasaan ini, pikiran setelah berolahraga akan terisi dengan memori yang baik, yaitu mendapatkan penghargaan. Pikiran atau otak Anda memiliki kemampuan untuk menenangkan diri dan berelaksasi selama dan setelah berolahraga. Cobalah untuk menikmati perasaan itu dan dukung diri Anda sendiri dari belakang karena sudah menyelesaikan tiap set olahraga dengan baik. Ketahuilah bahwa olahraga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan dengan tidur lebih nyenyak, tubuh akan mendapatkan lebih banyak energi. Ini seperti sebuah lingkaran yang saling berpengaruh. Membuat olahraga menjadi sebuah aktivitas yang penting bagi Anda adalah kunci agar diri Anda mempersepsikan olahraga sebagai aktivitas yang menyenangkan.