Share this page:

Sebelum mengejar tujuan fitness, sebelumnya Anda harus menentukan apa tujuannya. 

Seorang bintang akan selalu penuh ambisi. Inilah beberapa tips dan trik untuk mengubah ambisi jadi sebuah misi yang tepat untuk Anda. Sebelum melakukan olahraga, set terlebih dulu goal Anda. Memulai dengan cara ini bisa menambah efektif latihan. Jika mengeset target terlalu mudah, Anda akan cepat bosan. Terlalu sulit, Anda jadi tidak bisa menikmati olahraganya.

Target fitness yang pintar adalah target SMART ala kami: Spesifik, Mudah diukur, Akan tercapai, Relevan, dan Terikat waktu. 

SPESIFIK

Memiliki tujuan yang spesifk artinya akan ada lebih sedikit ruang negosiasi di diri Anda sehingga Anda akan menjalani rencana olahraga secara jauh lebih disiplin. Tujuan spesifik akan mempermudah Anda menjalani rutinitas olahraga.

Tujuan yang kurang oke: Saya akan lebih sering ke gym.

Tujuan yang oke: Saya akan bangun dan datang ke gym jam 7 pagi untuk kelas Body Pump setiap hari Sabtu dan Minggu.

MUDAH DIUKUR

Setiap bintang bebas mendefinisikan sendiri ukuran yang efektif untuk hasil olahraga mereka. Tujuan yang objektif akan membuat Anda tahu apakah sudah mencapai target atau belum.

Tujuan yang kurang oke: Tampil lebih seksi agar bagus di foto. 

Tujuan yang oke: Lemak bagian bawah tubuh berkurang 3% dan massa otot naik 2 kg.

 

AKAN TERCAPAI

Jadilah lebih realistis. Anda mungkin tidak akan jadi pemenang tercepat lomba maraton setelah baru seminggu melakukan latihan kardio, tapi Anda bisa mewujudkannya jika terus melatih kebugaran Anda.

Tujuan yang kurang oke: Jadi pemenang top 3 maraton pemula.

Tujuan yang oke: Menyelesaikan sesi HIIT 30 menit.

RELEVAN

Fitness akan selalu relevan untuk hidup kita, entah itu untuk membuat Anda merasakan jadi sensasional atau ingin bisa bergerak lebih baik untuk aktivitas sehari-hari. Tapi pastikan goal Anda realistis dan penting untuk Anda.
Tujuan yang kurang oke: Hanya mengisi waktu luang dengan berolahraga.
Tujuan yang oke: Bisa menaiki tangga di stasiun tanpa terengah-engah.

 
 

TERIKAT WAKTU

Kami menyarankan Anda untuk memikirkan tujuan fitness sebagai sebuah target dengan tenggat waktunya sendiri. Menentukan jangka waktu untuk tujuan fitness adalah cara yang efektif untuk mengukur kemajuan Anda. Ciptakan juga milestones di sepanjang perjalanan olahraga Anda.

Tujuan yang kurang oke: Bisa squat dengan mengangkat beban. 

Tujuan yang oke: Bisa squat dengan beban 50 kg di minggu ke-5. 


Sudah merasakan bersemangat untuk memulai olahraga? Ayo buat tujuan fitness Anda, pasti Anda bisa menaklukkannya! Kami di sini mendukung Anda sepenuhnya!