Share this page:

Siapkan tubuh untuk menjalani bulan yang penuh berkah! 

Bulan Ramadan sudah menjelang, dan ini bisa menjadi tantangan bagi sebagian orang karena Ramadan mengharuskan kita untuk tidak makan dan minum sementara selama siang hari. Agar berpuasa lancar selama hampir 13 jam dalam sehari, kita harus siap secara fisik maupun mental. Siapkanlah diri dengan cara-cara berikut.


Sebagai langkah pertama, Anda disarankan untuk mengurangi porsi makan harian setidaknya 4-6 minggu sebelum Ramadan. Ini akan menyiapkan tubuh Anda untuk mengonsumsi lebih sedikit makanan sehingga tubuh belajar terbiasa akan batasan asupan kalori.


Langkah selanjutnya adalah untuk berhati-hati terhadap apa yang Anda makan, bagaimana kebiasaan makan Anda, dan cara tidur Anda. Ini dia 5 tips yang akan membantu Anda melewati Ramadan dengan lancar.

1. Kurangi konsumsi gula dan garam

Pertama, ketahui makanan apa saja yang mengandung tinggi gula dan garam yang biasanya Anda makan. Coba untuk kurangi konsumsi gula dan garam sebanyak 1 sendok makan setiap harinya, sedikit demi sedikit tubuh akan lebih mudah beradaptasi. Cara ini juga membantu Anda untuk menghilangkan rasa mengidam akan makanan tertentu, bahkan tidak hanya saat berpuasa, tapi untuk jangka panjang jika dilakukan secara konsisten.

2. Berhenti mengudap

Hentikan kebiasaan mengudap di antara jam makan dan biasakan untuk makan besar hanya 3 kali per hari; sarapan, makan siang, dan makan malam. Ini akan mendisiplinkan perut Anda untuk menerima makanan hanya pada jam makan. Selama Ramadan, Anda hanya bisa makan besar dua kali sehari, selama sahur dan saat berbuka puasa, yang perlu hindari selama berpuasa adalah terlalu banyak atau terlalu sering makan saat berbuka puasa atau pada waktu antara berbuka puasa dan sahur. 

3. Kurangi konsumsi kafein

Kafein bisa jadi sangat adiktif dan mengurangi asupan kafein sebelum Ramadan berguna untuk mencegah tubuh mengalami ketagihan kafein. Gejala ketagihan kafein adalah sebagai berikut, mudah marah, tidak sabar, gelisah, susah berkonsentrasi, yang kesemuanya dapat menggangu aktivitas sehari-hari.

4. Perbaiki pola tidur

Pilihlah pola tidur yang paling mudah dilakukan oleh Anda dan konsistenlah pada pola ini. Anda dianjurkan untuk tidur selama 6 hingga 8 jam setiap malamnya. Dengan tidur yang cukup dan teratur, Anda akan merasa penuh energi keesokan harinya. Tidur cukup juga berefek positif pada kesehatan Anda, seperti mengurangi risiko sakit jantung dan stroke.

5. Ikuti anjuran dokter Anda

Buatlah janji dengan dokter Anda dan diskusikan apakah Anda berisiko pada kondisi medis tertentu seperti diabetes, masalah lambung dan pencernaan, tekanan darah tinggi, atau kondisi lainnya. Selalu ikuti instruksi dari dokter.


Semua tips di atas akan membantu Anda untuk menyiapkan tubuh untuk siap berpuasa, sehingga tubuh tetap sehat dan fit selama bulan Ramadan. Bulan suci tidak hanya membuat kita menumbuhkan rasa sabar dan syukur, tapi juga waktu yang tepat untuk memperbaiki kondisi kesehatan.