Share this page:

Ingin makan sehat yang ramah di kantong? Ini berbagai pilihannya!  

Kadang kita dibuat pusing dengan harga makanan sehat. Sayangnya, di supermarket, bahan makanan sehat cenderung lebih mahal dibandingkan makanan yang "kurang sehat". Jika Anda ingin sekali makan sehat tapi tak ingin merogoh dompet terlalu dalam, apa yang seharusnya dilakukan? Makanan sehat intinya harus terdiri dari protein dan karbohidrat seimbang, juga tambahkan serat, dan bahan makanan antioksidan lainnya. Ayo mulai merencanakan menu makanan sehat!

Roti lapis bisa jadi pilihan tepat, sehat dan lezat!

Ada banyak sekali pilihan jenis roti yang bisa dipakai untuk membuat roti lapis, tinggal siapkan isiannya saja. Anda bisa memilih roti gandum utuh agar lebih kaya serat dan mineral, dan bisa mengisi roti dengan salad sayur seperti paprika, zukini, dan jagung manis. 

Tambahkan protein seperti ayam panggang, ikan, daging kalkun, keju ricotta rendah lemak atau jenis keju lainnya, telur rebus, atau hummus (sebagai alternatif untuk menu vegetarian). Sayur dan bumbu juga bisa ditambahkan untuk menambah kesegaran roti lapisnya. Sebagai makanan penutup, Anda bisa siapkan buah segar potong. Dengan semua kombinasi bahan makanan sehat ini, makan siang Anda tidak akan pernah membosankan!

Semua isian roti lapis tadi bisa dilengkapi dengan saus rendah kalori setelah Anda memasaknya. Bisa juga ditambahkan kacang-kacangan, biji-bijian, untuk rasa lebih lezat dan teksturcrunchy.Semua ini bisa dilakukan tanpa membuat kantong bolong!

 

Buat semangkuk salad yang memanjakan mata dan juga lidah Anda!
Siapa bilang makan salad sangat membosankan? Semangkuk salad bisa jadi alternatif menu makan siang yang mengenyangkan sekaligus menyehatkan! Anda bisa menggabungkan berbagai bahan di bawah ini tergantung ketersediaannya:
Karbohidrat--Pilih quinoa, pasta dingin, biji-bijian,pearl barley, bulgur,mi,wild rice,kentang, dan ubi jalar untuk pilihan karbohidrat sehat.
Protein-- Salmon, ayam, kalkun, telur rebus,prosciutto,keju, dan kacang merah menambah komponen protein yang kaya dalam semangkuk salad. Ada juga pilihan sumber protein lain yang juga menambah kaya tekstur salad seperti kacang tanah, almond, kacang mete, walnut, atau jenis kacang lainnya. Biji flax, kuaci, biji wijen, juga menambah rasa dan juga nutrisi.
Vitamin dan mineral-- Selain sayuran hijau, Anda bisa menambahkan tomat, mentimun, wortel, bayam, kacang edamame, sayur rebus, apel, pir, buah beri, jeruk, dan bahkan buah-buahan kering. Tambahkan saus salad rendah kalori yang dibungkus terpisah jika Anda membawa bekal makan siang. Segelas susu atau satu kemasan yogurt bisa dipilih sebagai pencuci mulut.