Share this page:

Konsumsi makanan yang tepat di waktu yang tepat = hasil olahraga yang sempurna! Sudahkah Anda melakukannya?


Jika Anda sudah rutin ke gym dan berolahraga, Anda mungkin sudah tahu bahwa Anda harus makan asupan tepat di waktu yang tepat untuk mendapatkan tubuh yang luar biasa! Anda sudah menghabiskan banyak waktu di gym, jadi kenapa tidak dilengkapi dengan diet yang tepat? Dan jika Anda tidak memakan makanan tepat untuk olahraga Anda, tubuh biasanya akan lebih cepat letih. Jadi berikut caranya untuk mencapai #fitnessgoals Anda dengan sempurna!

Sebelum berolahraga, sempatkanlah untuk makan


Jika Anda berolahraga dengan perut kosong, tubuh akan kehabisan energi lebih cepat. Tubuh Anda membutuhkan “bahan bakar” yang tepat (kudapan sehat diperbolehkan) sebelum berolahraga. Bahkan, tubuh Anda bisa berkurang massa ototnya dan akan sulit untuk menurunkan berat badan jika tubuh tidak dibekali nutrisi yang dibutuhkan sebelum sesi olahraga. 

Ini bukan berarti Anda harus makan sesaat sebelum pergi ke gym, tubuh Anda tetap butuh waktu untuk mencerna makanan. Kombinasi karbohidrat dan protein merupakan asupan yang paling tepat sebelum olahraga. Walaupun karbohidrat reputasinya tidak begitu baik di kalangan pecinta olahraga, tapi tubuh tetap membutuhkannya. Jangan terlalu banyak mengonsumsi protein tapi jangan lupa untuk menambahkannya pada menu makanan sebelum olahraga Anda. Beberapa kombinasi makanan sehat dan lezat bisa jadi pilihan bagi Anda untuk dikonsumsi sebelum berolahraga:

• Nasi merah dan kacang-kacangan dan/atau sedikit keju. Bisa dibuat jadi makanan hangat atau dingin dalam bentuk salad. 

• Buah dan kacang-kacangan.  

• Granola atau muesli atau oatmeal dengan susu atau yogurt dengan buah dan biji-bijian. 

• Roti lapis dengan selai kacang dilengkapi buah-buahan.  

• Ayam panggang dengan kentang dan sayuran lainnya.

• Roti gandum dengan telur dilengkapi buah dan sayuran. 

Smoothie sehat. 

• Pasta gandum utuh. 


Lengkapi asupan sehat dan lezat ini dengan konsumsi air agar tidak kekurangan cairan.

 

Makan sehabis olahraga membantu menaikkan level energi Anda. 


Selepas melakukan sesi olahraga yang melelahkan, Anda perlu mengisi tubuh kembali dengan asupan tepat untuk pemulihan otot. Asupan tinggi protein membantu pemulihan otot dan sel, jadi Anda perlu meminum protein shake dan/atau memakan protein bar dalam 15 hingga 30 menit setelah berolahraga. Hindari untuk langsung makan besar setelah berolahraga. Konsumsilah ikan rebus atau ikan panggang dengan roti bakar gandum utuh atau biskuit sehat, hummus atau roti pita dengan salad, keju cottage dan buah atau quinoa dengan kacang-kacangan dan berbagai buah beri. Lagi, hidrasi tubuh sangat penting, dan selain air, Anda bisa mengonsumsi jus buah sehat rendah gula atau minuman elektrolit. Konsumsilah makanan yang tepat pada waktu tepat untuk memaksimalkan hasil olahraga Anda dan dapatkan tubuh ideal impian Anda!