Tetap Latihan Setelah Divaksin? Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu!

 

Walaupun pandemi belum sepenuhnya berakhir, aktivitas kita sudah berangsur normal dengan meningkatnya jumlah orang yang sudah divaksin Covid-19. Sekarang, kita sudah bisa melakukan hal-hal yang dulu biasa kita lakukan seperti keluar rumah, berkumpul bersama teman-teman, dan tentunya berolahraga meskipun dengan protokol kesehatan yang ketat.

 

Bicara tentang olahraga, masih banyak pertanyaan tentang apakah boleh berolahraga setelah menjalani vaksinasi? Atau, olahraga apa yang sebaiknya dilakukan? Seperti apa dampaknya bagi tubuh kita?

 

Tidak perlu khawatir karena sekarang kita punya jawabannya untukmu!

 

Pertanyaan 1: Apakah boleh berolahraga sebelum vaksinasi?

Kamu berencana latihan sebelum menjalani vaksinasi? Silakan saja! Studi mengungkapkan rutin berolahraga sebelum menjalani vaksinasi akan meningkatkan system imunitas tubuh dan membuat vaksin bekerja lebih optimal. Hanya saja, jangan terlalu memaksakan diri, terutama sehari sebelum divaksin. Respon tubuh orang terhadap vaksin bisa berbeda-beda dan kamu juga mungkin akan mengalami efek samping pasca vaksinasi seperti pusing, demam, kelelahan, dan tangan menjadi pegal.

 

Pertanyaan 2: Bolehkah saya langsung berolahraga beberapa saat setelah menjalani vaksinasi?

Jawabannya: tergantung. Kalau kamu tidak merasakan efek samping pasca vaksin apapun silakan saja! Pastikan kamu menyadari kalau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) akan muncul beberapa jam setelah vaksinasi. Sebaliknya, jika kamu merasakan gejala setelah di vaksin, kami sarankan untuk beristirahat dulu. Meski demikian, tidak ada saran medis yang melarang latihan fisik setelah vaksinasi. Sekali lagi, jangan terlalu memaksakan diri untuk berolahraga secara berlebihan terutama jika kamu baru divaksin.

 

Pertanyaan 3: Apakah saya perlu menunda olahraga setelah saya divaksin?

kapan sebaiknya kamu memulai program latihan setelah divaksin? Kalau kamu sudah sangat siap secara fisik, silakan berolahraga. Pastikan kamu memulai secara perlahan dengan terus memperhatikan bagaimana tubuhmu bekerja. Perlu diketahui juga kalau masa pemulihan otot mungkin akan terjadi lebih lambat dari biasanya. Intinya harus sabar ya.

 

Pastikan juga kamu mendapatkan program latihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan fitness goal kamu. Ada baiknya kamu memulai latihan dengan mengetahui nilai postural dan level kebugaranmu dengan aplikasi MyTrainer.

 

Pertanyaan 4: Saya sudah divaksin. Apakah saya bisa kembali ke rutinitas seperti sebelum pandemi?

Hanya karena kamu sudah vaksin, bukan berarti kamu bisa bebas kembali ke kebiasaan sebelum pandemi. Penting untuk dipahamui bahwa kondisi tubuhmu yang sekarang mungkin berbeda dengan kondisi sebelum pandemi. Imunitas tubuhmu juga bisa berda tergantung dari jenis vaksin yang kamu dapat. Penelitian menunujukkan kalau kamu akan perlu dua kali suntikan vaksin agar manjur terhadap Covid-19. Maka tetaplah menggunakan masker, tetap jaga jarak, dan lakukan langkah-langkah pencegahan yang diperlukan di tempat gym.


 

Referensi

Health.Com, Can You Exercise After Covid-19 Vaccine 

iNEWS,What You Can and Cannot Do After Getting The Jab

SELF, Exercise and the Covid-19 Vaccines 

HealthClevelandClinic,Can You Exercise Before or After You're Vaccinated? 

Prevention, Arm Exercises After Covid-19 Vaccines

Athlletico, Exercises to Release Arm Soreness After The Covid-19 Vaccine