Share this page:

Ini 5 hal yang wajib diketahui tentang Bulan Kesadaran Kanker Payudara

Apakah Anda melihat banyak orang yang mengenakan t-shirt pink dengan pita juga berwarna pink di tempat umum bulan Oktober ini? Ini dikarenakan tiap tahun pada bulan Oktober merupakan Bulan Kesadaran Kanker Payudara, mari ketahui apa misi dari kampanye ini.

 

Apa itu Bulan Kesadaran Kanker Payudara?

Kampanye ini diadakan tiap bulan Oktober tiap tahunnya oleh banyak organisasi dan yayasan besar untuk meningkatkan kesadaran mengenai penyakit ini, dan untuk menggalang dana untuk pengobatan, pencegahan, dan riset. Belakangan ini organisasi pemerintah dan banyak perusahaan besar juga telah memulai untuk terlibat dalam kampanye ini. 

Di banyak negara di seluruh dunia, kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling umum yang diderita perempuan, oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui lebih banyak hal tentang penyakit satu ini. Di Indonesia sendiri, ada 58.286 kasus kanker payudara yang didiagnosis pada tahun 2018.*

*Berdasarkan statistik dari The Global Cancer Observatory.

 

Apa misi dari kampanye ini?

Yayasan atau organisasi yang berfokus pada penyakit kanker payudara tidak hanya ingin publik menyadari tingginya statistik yang berhubungan dengan penyakit ini, tapi lebih pentingnya lagi, ingin memberikan pesan bahwa deteksi dini adalah cara terbaik untuk menghadapi penyakit ini. Scan mamografi adalah cara yang paling efektif, tapi melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) juga penting dilakukan.

 

Mengenakan pita merah jambu (pink ribbon)

Sejak tahun 1990-an, pita merah jambu telah digunakan sebagai simbol dari kesadaran penyakit kanker payudara. Jika Anda pernah melihat seseorang mengenakan pita ini, mereka mungkin adalah penyintas atau pernah menderita penyakit ini. Banyak orang juga mengenakan pita ini untuk menunjukkan dukungan mereka, atau memilih mengenakan pita merah jambu pada bulan ini untuk menunjukkan solidaritas. Dengan melakukan ini, Anda akan membantu untuk menaikkan kesadaran tentang pentingnya deteksi dini untuk melawan kanker payudara.

 

Banyak kota di dunia jadi berwarna pink

Akhir-akhir ini, warna merah jambu sendiri mengindikasikan kesadaran kanker payudara, tidak hanya pita saja. Anda mungkin pernah melihat di Internet bahwa beberapa bangunan yang menjadi landmark suatu negara diberi lampu atau disinari dengan warna pink untuk mengingatkan Bulan Kesadaran Kanker Payudara. Contohnya di Asia Tenggara misalnya Petronas Twin Tower di Kuala Lumpur, Singapore Flyer di Singapura, Quezon Memorial Circle di Manila, Patung Pahlawan di Surabaya, dan Monas serta Jembatan Susun Semanggi di Jakarta. 

 

Apakah Bulan Kesadaran Payudara ini hanya soal perempuan?Jawabannya tidak, memang fokusnya ke perempuan, karena kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling umum dialami perempuan. Tapi pria juga bisa menderita kanker payudara walaupun kasusnya langka sekali (hanya sekitar 1% dari keseluruhan kasus kanker payudara di seluruh dunia).

Jika Anda seorang pria, bukan berarti Anda tidak bisa terlibat terhadap kampanye ini. Pelajari penyakit ini lebih jauh dan sebarkan informasi mengenai deteksi dini. Kanker tidak hanya berefek kepada pasien, tapi juga pada orang-orang terdekat pasien.

 

Ada banyak sekali informasi di luar sana yang berkaitan dengan kanker, misalnyabenefit yoga untuk pasien kanker, dannutrisi yang baik untuk melawan penyakit kanker, anggota keluarga dan sahabat bisa mendapatkan dukungan dari yayasan atau organisasi kanker payudara di Indonesia misalnya Yayasan Kanker Payudara Indonesia.